Tuesday, February 8, 2011

Review Lensa Sony 70-300mm F/4.5-5.6 G SSM



Dengan cakupan rentang tele medium ke tele panjang, lensa 70-300 mm menjadi sangat popular dan saat ini semua pabrikan merilis lensa ini sebagai salah satu portfolio jajaran lensanya.

Review kali ini mengulas lensa Sony 70-300mm F/4.5-5.6 G SSM yang kompatibel dengan A-mount Sony Alpha.

Memperhatikan harga yang cukup premium (sekitar 7.5 juta rupiah) , tentunya menjadi pertanyaan dengan harga yang 3x lipat dibandingkan Sony 75-300mm F/4.5-5.6 lens, apa saja yang akan kita dapatkan ?

Dengan konstruksi optik 16 elemen dalam 11 grup , Fisik lensanya cukup kokoh dengan finishing matte coating hitam yang berbeda dengan kebanyakan lensa Sony lain. Karena termasuk dalam jajaran lensa “G” yang menjadi kasta tertinggi pada lensa Sony Alpha, ada beberapa fitur tambahan yang tidak dimiliki lensa lainnya seperti

1. Tombol Focus Hold, yang memungkinkan kita mengunci focus setelah ketajaman gambar didapatkan. Selama kita menekan tombol ini, focus lensa tidak berubah sama sekali walau tombol shutter kita tekan. Sangat bermanfaat untuk rekomposisi subjek foto kita.


2. SSM (Super Sonic Wave Motor), dengan mekanisme kerja motor ultrasonik, maka kerja AF lensa ini menjadi sangat halus dan senyap.

3. Focus Limiter Switch untuk mempercepat kerja AF kamera dengan membatasi jarak subjek foto.

Walau panjang lensa berubah waktu proses zooming, ketika focus dilakukan tidak ada perubahan panjang lensa lagi. Juga bagian depan lensa sama sekali tidak berputar sehingga sangat membantu fotografer misalkan saat menggunakan filter CPL.

Berikut adalah sampel foto dengan memakai lensa ini di body Sony Alpha 900 (Lokasi Pelabuhan Sunda Kelapa, Sholat Ied 2010.







Dari 2 contoh foto ini, hasil cropped sekalipun memberikan kesimpulan : lensa ini sangat tajam walau pada posisi wide open, bahkan pada setiap rentang zoom ! Jadi tidak ada keraguan sedikitpun walau memakai lensa ini pada setting diafragma wide open sekalipun.

Hal ini sangat menyenangkan karena lensa ini mampu memberikan reproduksi warna yang sangat halus, tajam pada setiap focal length, AF yang sangat senyap dan akurat.

Jika dibandingkan dengan Sony 75-300mm F/4.5-5.6, lensa Sony 70-300mm memiliki keunggulan yang sangat signifikan terhadap kontrol Chromatic Aberration, juga lebih bagus menangani flare , kontras yang lebih bagus dan lebih tajam pada posisi wide open. Selain itu dengan akurasi focus yang lebih baik pada posisi tele panjang, AFnya pun lebih cepat (walau tidak signifikan) dan fisik lensa yang lebih kokoh ketimbang 75-300mm. Jadi pertimbangannya dengan perbedaan harga yang 3x lipatnya, lensa 70-300mm lebih baik dalam segalanya dibandingkan dengan 75-300mm.

Karena ukuran fisiknya yang cukup ringkas, ringan dan sangat mumpuni, lensa ini sangat cocok untuk travelling. Sangat direkomendasikan untuk dimiliki !

No comments: